TRACER STUDY

.

Umpan balik yang diberikan alumni, pada umumnya dapat bermanfaat dalam membantu perguruan tinggi untuk perbaikan sistem dan pengelolaan pendidikan. Cara memperoleh umpan balik tersebut adalah dengan pelaksanaan Tracer Study. Selain itu, Tracer Study sangat diperlukan untuk akreditasi baik nasional maupun internasional.

Tracer study menjadi alat monitoring DIKTI dan sebagai benchmarking untuk situasi kerja lulusan dengan menggunakan kuisoner dan sistem online. Untuk mewujudkan sistem tracer study nasional yang berisi hasil tracer study dari seluruh PT di Indonesia, DIKTI mengembangkan suatu sistem online yang terintegrasi dengan data pelaporan akademik PT yang tersimpan di DIKTI. Daftar mahasiswa dan lulusan PT telah tercatat dalam sistem pelaporan akademik ini.

Dengan memanfaatkan data lulusan yang sudah ada, situs DIKTI memberi fasilitas pengisian tracer study secara langsung oleh lulusan Perguruan Tinggi, dan Perguruan Tinggi memantau proses pengisian, mengunduh hasil tracer study, melihat laporan analisis hasil tracer study, maupun benchmark dengan PT lain.

Tracer study juga memfasilitasi lulusan Perguruan Tinggi untuk mengisi, serta melihat hasil tracer study-nya.

 

TATA CARA PENGISIAN

Selamat menjadi Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Anda dimohon untuk mengisi Formulir Online berikut sebagai syarat untuk mengambil Ijasah, Transkrip Anda dan legalisir sertifikat akreditasi.
Login User Password  berdasarkan NIM masing – masing.( Jika Password belum pernah anda rubah ).
Silahkan akses alamat Web di http ://e-campus.fkip.unja.ac.id/tracerstudy

Dalam Tracer Study tersebut terdiri dalam 4 kategori yang harus saudara/i isikan, adapun kategori tersebut sebagai berikut :

  1. IDENTITAS ALUMNI
  2. BAGIAN A – AKTIFITAS TERKINI
  3. BAGIAN B – KHUSUS BAGI YANG TIDAK BEKERJA, TETAPI PERNAH BEKERJA, DAN ATAU SEDANG STUDI LANJUT
  4. BAGIAN C - KHUSUS BAGI YANG BELUM PERNAH BEKERJA,DAN ATAU SEDANG STUDI LANJUT

Mengisi kuisioner yang ada dan menekan tombol simpan jika anda merasa yakin sudah selesai, maka secara otomatis data isian anda akan tersimpan di database.

Atas partisipasi alumni, demi kemajuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi kami sampaikan terima kasih.